Buat kawan-kawan setia blog ini yang mau mendengarkan cerita dewasa dalam bentuk audio (suara cewek bos!) silahkan klik Disini Jangan lupa rajin-rajin berkunjung ke blog ane and jaga sikap kawan-kawan terhadap saudari-saudari kita. Cewek-cewek juga manusia gan. Dipergunakan untuk keperluan pribadi, TITIK

Rabu, 06 April 2011

Pengertian Modernisasi

Modernisasi : Ilustrasi
Definisi C.C. Black mengenai modeernisasi yaitu,bahwa kata modernisasi berasal dari bahasa latin, “modern”, kemudian digunakan dalam bahasa Inggris pada dekad ke 17 untuk menjelaskan perubahan di Eropa pada masa itu terutama revolusi Perancis. Dalam bidang ilmu pengetahuan modernisasi merupakan istilah umum untuk menjelaskan proses perubahan pada manusia sejak revolusi ilmu pengetahuan. Istilah modernisasi kemudian menjadi modernitas (digunakan pertama sekali di Amerika Latin) dan modernizer (1966: 5).

Black mendefinisikan modernisasi sebagai suatu proses adaptasi kelembagaan kepada perubahan fungsi yang sesuai dengan perkembangan pengetahuan manusia, perlindungan terhadap lingkungan yang merupakan implikasi dari revolusi ilmu pengetahuan. (1966:7) Black memahami modernisasi sebagai proses adaptasi fungsi kelembagaan terhadap perkembangan ilmu dan teknologi yang terjadi di Eropa, kemudian melalui proses Eropanisasi dan westernisasi proses modernisasi juga terjadi di negara luar Eropa. Modernisasi merupakan salah satu bentuk perubahan hubungan manusia yang disebabkan oleh hubungan sebab akibat dari industrialisasi, ilmu dan teknologi.

Disamping itu, Dr. Arief Budiman menjelaskan dalam bukunya yang berjudul “Teori Pembangunan Dunia Ketiga”, bahwa modernisasi berawal dari efek teori pembagian kerja secara internasional yang mengakibatkan terjadinya spesialisasi produksi pada masing-masing negara sesuai dengan keuntungan komparatif yang mereka milliki.

Berangkat dari teori tersebut, dunia kemudian terbagi menjadi dua kelompok negara, pertama, negara yang memproduksi hasil pertanian, kedua, negara yang memproduksi barang industri.

Hadirnya kedua kelompok negara tersubut menghadirkan suatu ketimpangan di wilayah pembangunan, dimana negara yang mendasari pendapatan negaranya pada industri, menjadi ssemakin maju, dan sebaliknya terjadipada negara-negara miskin. Oleh karena itu, Arief Budiman menyampaikan pengertian tentang teori modernisasi adalah, teori-teori yang menjelaskan bahwa kemiskinan disebabkan oleh faktor-faktor internal, dengan memandang bahwa penduduk dan budaya suatu negara adalah subyek.

Penulis : Ahmad Husain ( Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang )

0 komentar:

Posting Komentar