Buat kawan-kawan setia blog ini yang mau mendengarkan cerita dewasa dalam bentuk audio (suara cewek bos!) silahkan klik Disini Jangan lupa rajin-rajin berkunjung ke blog ane and jaga sikap kawan-kawan terhadap saudari-saudari kita. Cewek-cewek juga manusia gan. Dipergunakan untuk keperluan pribadi, TITIK

Rabu, 06 April 2011

Tips Bersahabat dengan Siswa

Menangani siswa dengan beraneka sifat memang tidak mudah. Berikut ada saran-saran yg bisa dipakai bagi para wali kelas untuk menjadi lebih dekat dengan para siswanya.

  • Buat keakraban dengan membuat sebuah papan yang memajang karya seni masing-masing siswa lengkap dengan namanya. Gantungkan di dinding kelas supaya dapat terlihat oleh siapa pun. 
  • Hargai segala kegiatan dan perilaku positif yang telah dilakukan siswa. Anda dapat menyampaikan pujian atau semangat kepada siswa melalui catatan kecil. Lebih baik lagi kalau berita gembira tersebut disampaikan pula kepada orang tua mereka melalui telepon atau bertatap muka secara langsung. 
  • Apabila siswa melakukan suatu perilaku yang tidak baik tegurlah dengan kata-kata yg tidak menyakiti harga diri mereka. Anda dapat mengatakan, "Saya tidak suka kalau kamu menendang kursi. Ceritakan kepada saya apa yg telah membuatmu marah. Mungkin saya dapat membantumu." Ucapan tersebut dapat membuat siswa sadar akan perbuatannya tanpa harus menyakiti hatinya. 
  • Ada baiknya secara berkala mengadakan diskusi bersama dengan para siswa di kelas asuhan Anda. Anda dapat membahas masalah seputar perilaku masing-masing siswa dengan mendengarnya secara langsung dari sudut pandang mereka. 
  • Berikan kenangan manis pada saat ulang tahun siswa melalui kartu, kue atau mungkin sebuah kegiatan unik yg spesial, misalnya doa bersama atau menyanyikan lagu ulang tahun. Siswa akan sangat menghargai setiap perhatian yg diberikan kepadanya. 
  • Apabila Anda melakukan kesalahan di depan para siswa, jangan ragu untuk mengakuinya. Tidak ada manusia yg sempurna, namun yg terpenting adalah kemampuan kita untuk menerima dan menyadari kesalahan tersebut. Siswa pun akan banyak belajar dari sikap Anda. 
  • Ajaklah siswa untuk membuat pernyataan positif tentang dirinya sendiri. Mulailah dari kata-kata dibawah ini. Sedikit banyak cara ini dapat membangun kepercayaan diri mereka.

Saya suka diri saya sendiri karena...
Saya mahir di pelajaran...
Saya bisa mengerjakan...dengan baik hari ini.
Saya belajar .... hari ini.
Saya menambah ilmu di .... hari ini.
Saya merasa baik kalau sedang ...
Saya punya bakat di ...
Saya adalah seorang teman yg baik karena ...
Orang banyak yg menyukai saya kalau sedang ...

Sumber : Convey Acceptance, www.teachervision.com , 2003

0 komentar:

Posting Komentar